Kami juga melayani penjualan dan pembelian Logam Mulia dengan berat minimal 25 gr

11 Agustus 2010

Maklumat 1 ramadhan 1431

AMIRAT INDONESIA


Jakarta, 1 Ramadhan 1431 H

Maklumat

Atiullah wa atiurrasul wa ulil amri minkum. (Q.S An Nisa 59) (Taatilah Allah dan taatilah Rasul serta para pemegang otoritas di
antaramu)

Bismillahirrohmanirrohim,

Tugas dan kewajiban seorang Amir, menurut Imam Qurtubi, berdasar
tafsir atas ayat dalam Surat An Nisa 59 di atas, adalah:
1. Menetapkan dan mengotorisasi dua salat Id (dimulai dengan
menetapkan awal bulan Ramadhan, Syawal, dan Zul Hijjah) dan salat Jum’at
2. Menerbitkan dan mengedarkan dinar dan dirham
3. Menjamin dan menjaga kebenaran takaran, ukuran, dan timbangan di pasar
4. Menunjuk petugas zakat, menarik, dan mendistribusikannya menurut
ketentuan yang ada
5. Menyiapkan dan memimpin jihad pada saat diperlukan, dan bila berhasil, mengumpulkan dan membagikan harta pampasan (ghanimah)

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada saat ini saya, selaku Amir Indonesia, belum memiliki seorang petugas ru’yah yang dapat dipercaya yang secara resmi menjadi petugas yang saya tunjuk, sebagai dasar penetapan awal bulan baru.

Karena itu, dasar yang saya gunakan dalam menetapkan awal Ramadhan
1431 H adalah laporan dari orang-orang yang telah melihat hilal, yang disampaikan pada sidang istbat di Kantor Kementerian Agama. Melalui laporan media massa saya juga menyaksikan orang yang telah disumpah yang juga menyatakan melihat hilal di Cilincing. Saya juga telah menerima laporan dari Bpk Sufyan al Jawi, sekitar jam 18.30, yang menyatakan juga telah melihat hilal di Cilincing.

Dengan demikian pada kesempatan ini, saya memaklumatkan bahwa 1 Ramadhan 1431 H, untuk wilayah Indonesia, telah tiba, bertepatan dengan 11 Agustus 2010.

Demikian pengumuman ini disampaikan kepada khalayak agar dimaklumi.
Mohon maaf lahir dan batin.


Zaim Saidi
Amir Indonesia