Kami juga melayani penjualan dan pembelian Logam Mulia dengan berat minimal 25 gr

22 Januari 2010

Kebodohan yang berulang

Krisis sekarang yang dimulai dari amerika serikat, adalah bentuk kebodohan yang berulang. Maksudnya adalah, dunia sudah pernah mengalaminya, belajar dari kejadian tersebut, tetapi masih terus mengulangnya.


Pemerintah amerika membiarkan masyarakatnya untuk memiliki rumah dengan kredit (RIBA) murah. Lalu rumah tersebut dijadikan jaminan lainnya untuk kredit rumah kedua atau sektor konsumtif lainnya. Lalu ketika masyarakat mendapat masalah ketidak mampuan untuk membayar. Pemerintah amerika membuat program-program penolong dengan terus mencetak lebih banyak dolarnya dan memberikannya hanya kepada sekelompok pengusaha (stimulus financial).
Prinsipnya adalah, ketika produk barang tak terjual. Ciptakanlah ilusi semu bahwa mereka sanggup membelinya dengan cicilan berjangka dan murah. Lalu ketika mereka tak sanggup membayar, sitalah produk mereka. Yang terjadi disini, ketika semua produk dari hutang tersebut disita, ternyata nilainya jauh lebih rendah dari nilai sitaan tersebut. Dan berlakulah hukum pasar, semua orang menjual tapi sedikit yang membeli, maka harga akan kolaps dengan sendirinya .

Satu hal yang bisa dipelajari dari depresi '30, dan krismon asia 97-98, bahwa setiap pemerintah mencoba memperbaiki masalah, biasanya akan menciptakan dua atau lebih masalah yang sama atau bahkan lebih besar lagi. Dan akhirnya akan dicarilah kambing hitam untuk menanggung itu semua. Secara politis itu tidak benar. Tapi itulah satunya solusi.
Uang FIAT yang kita miliki merupakan awal bencana untuk menciptakan inflasi yang mengerikan. Jika anda pikir itu buruk, tunggu sampai inflasi mengambil kendali, dan perhatikan barang-barang yang hilang dari rak toko atau pasar.
Mari kita lihat, apa yang harus anda lakukan dengan uang FIAT yang anda miliki.
1. Keluar dari hutang, sehingga anda memiliki kebijaksanaan atas apa yang akan anda lakukan.
2. Bijak dalam pengelolaan kebutuhan pokok. Bukan hanya makanan, tapi kebutuhan pokok apa saja yang anda gunakan dalam sehari-hari, seperti popok bayi, sabun, gula, dan bahkan oli motor. Ketika anda punya sedikit lebih uang, belilah tambahan dengan wajar dan jangan menimbun.
Ketika inflasi lepas kontrol, anda akan menemukan bahwa inflasi benar-benar merenggut apa saja yang bisa direnggut. Isi rak-rak ditoko perlahan menghilang. Distribusi terhambat, dan dilingkup perdagangan sendiri pedagang tidak akan mampu memenuhi permintaan.
Harga akan naik. Membeli hari ini pada harga rendah dan mengkonsumsi diesok hari pada harga yang lebih tinggi.
3. Pergunakan Dinar dan Dirham sebagai alat bayar. Pindahkan uang anda dalam Dinar Dirham. Uang kertas itu sebenarnya hanyalah surat hutang/ surat janji bayar. Berjanji untuk membayar tidak akan sebanding dengan nilai yang tercetak pada selembar uang kertas. Anda memerlukan alat tukar yang tidak bisa dihancurkan.
Itulah Emas (dinar) dan Perak (dirham).
Kenapa Emas dan Perak, artinya Emas dan Perak jangan dipergunakan sebagai alat investasi semata, sehingga anda dapat membual kesemua orang berapa banyak uang yang anda miliki. Tetapi untuk menjamin NILAI dari asset anda, yang bisa menjadi tidak berharga karena orang tidak bisa menjaga janjinya untuk membayar.
Emas dan Perak ideal untuk tujuan ini, dengan penekanan pada Perak (dirham).
Mengapa Perak (dirham)?
Dinar lebih dari 1.4 juta rupiah/ keping, Dirham masih berkisar 30 ribu rupiah/ keping.
Rata2 orang sedikit saja yang mampu memiliki Dinar. Dan bila kita menunggu orang untuk membayar dalam nilai dinar, kita kan menunggu lebih lama sampai orang mampu membayar. Jumlah orang yang memiliki Dirham akan sangat luar biasa dibanding orang memiliki Dinar. Itu salah satu fundamental Dirham harus terus didukung sebagai alat tukar
4. Mengakui bahwa hidup akan berubah secara dramatis. Jangan berharap bahwa hari ini, masalah yang bersifat sementara akan berubah dalam pemilu berikutnya . Hampir semua partai sama buruknya. Manis dalam pemilu, pahit ketika berkuasa.

Sementara itu, mulailah bersiap. Masa-masa sulit akan datang, bisa dalam tahun ini atau esok hari. Inflasi akan mulai mengambil harta anda. Dan anda akan menemukan diri anda hidup dalam mimpi buruk financial. Anda akan bisa tidur lebih nyenyak ketika mulai berhemat dan memakai seperlunya, serta mulai mengalihkan uang kertas anda pada Dinar emas dan Dirham perak.
Ini bukan sekedar nasihat keuangan. Melainkan nasihat untuk bertahan hidup.