Kami juga melayani penjualan dan pembelian Logam Mulia dengan berat minimal 25 gr

9 Mei 2011

Maklumat Pencetakan dan Pengedaran Nisfu Dinar Baru

Maklumat Pencetakan dan Pengedaran Koin Nisfu Dinar

Kepada Yth
Umat Muslim
di mana pun berada


'Hai kaumku penuhilah takaran dan timbangan yang adil, dan janganlah engkau merugikan hak-hak manusia (dengan mencurangi nilai), dan janganlah berbuat zalim dengan melakukan kerusakan' (QS Hud: 85)


Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah sallalahu alayhi wa salam bersabda, 'Barangsiapa yang taat kepadaku maka sungguh ia taat kepada Allah dan barangsiapa yang mengingkari aku, maka sungguh ia telah ingkar kepada Allah. Barangsiapa mentaati Amirku maka ia telah taat kepadaku. Siapa yang mengingkari Amirku, maka sungguh ia telah ingkar kepadaku. (HR Muslim Bukhari)

Bismillahirrohmanirrohim,
Dengan mohon ridho Allah subhanahu wa ta'ala dengan ini saya, selaku Amir Indonesia, memaklumatkan telah dicetak dan diedarkannya koin Dinar emas dengan satuan nisfu (1/2 Dinar), dengan revisi corak dalam ketetapan sebagai berikut:


1. Spesifikasi Koin: 1/2 (nisfu) Dinar
a. Bahan : Emas 22K (91.7%)
b. Berat : 2.125 gr
c. Garis Tengah : 20 mm

2. Tampak Penampang:
a. Sisi Muka : Gambar Masjid Agung Demak, dengan marka berat (2.125 gr), dan marka satuan (1/2 Dinar), dan kemurnian 91.7%. Pada sisi ini juga dicantumkan identitas 'Baitul Mal Nusantara' dan tahun emisi 1432 H.
b. Sisi Belakang : Kalimat Tauhid: La illaha illa Allah, Muhammad Rasulullah, dengan petikan al Qur'an Surat Al Mu'minun ayat 52, ''Inna hadhihi ummatukum umatan wahidatan wa Ana robbukum fattaqun.'.'
c. Sisi Luar : Bergerigi

Ketetapan mengenai nilai tukar nisfu Dinar tersebut di atas berlaku secara tunggal, mengikuti yang berlaku di pasar-pasar, sebagaimana ditetapkan oleh Amirat Indonesia melalui Wakala Induk Nusantara (WIN), baik pada saat hari pasaran berlangsung maupun di luar hari pasaran, masing-masing setara dengan nilai 1/2 koin 1 dinar.

Koin nisfu Dinar di atas memenuhi ketentuan syariat Islam, karenanya dapat digunakan untuk pembayaran zakat, kegiatan muamalat, dan keperluan lain menurut syariat.

Demikian maklumat ini diberitahukan kepada khalayak. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala memberikan rahmat dan berkah-Nya atas 'amal kita semua, meneguhkan persatuan serta menjauhkan fitnah dan perpecahan di antara kita. Amin.

Ma'asalam

Depok, 2 Jummadil Akhir 1432 H / 5 Mei 2011

Amir Zaim Saidi


Sumber