Kami juga melayani penjualan dan pembelian Logam Mulia dengan berat minimal 25 gr

16 Februari 2010

Semarak Wisata Kuliner Dengan Dirham

Sufyan al Jawi - Numismatik Indonesia
Wisata kuliner bukan monopoli segelintir orang. Dengan zakat, kaum Dhuafa dan anak yatim pun dapat menikmati wisata kuliner sesuai selera mereka.

wakala, wakala rashanah, dinar emas, dirham perak, dinar dirhamSetelah dipagi hari sukses membuka pasar islam dikampung Nelayan Cilincing, kali ini wakala al Faqi bekerja sama dengan Waqaf Ta'awun dan WIN, untuk meningkatkan geliat pasar Islam malam dijalan sungai landak kembali mengadakan Festival Hari Pasaran Nusantara. Memang setelah dibuka pada 20 NOvember 2009 yang lalu, warga Cilincing mulai mengunakan dirham dari tangan ke tangan melalui perniagaan. Namun perputarannya masih sedikit, sekitar 1 - 2 dirham permalamnya, kecuali untuk kegiatan di lembaga waqaf Ta'awun yag sirkulasi dirhamnya cukup lumayan banyak.

Pasca pembagian zakat dipagi harinya untuk 90 orang mustahik yang masing - masing mendapatkan 1/2 dirham, selepas shalat Isya, berbondong bondong puluhan mustahik tadi menyerbu kedai - kedai kuliner di jalan Sungai Landak. Sedikitnya ada 16 kedai makanan yang berdagang dipasar ini, sehingga kaum dhuafa dan anak yatim bebas menentukan makanan sesuai selera mereka. Karena tidak ada koin 1/2 dirhaman, maka panitia menetapkan 1 dirham untuk 2 orang atau 3 orag. Dan ternyata yang hadir pada acara tersebut melebihi kuota yang ditetapkan panitia. Maka dari 45 dirham yang dibagikan, Alhamdulilah dapat dinikmati oleh 115 orang, sehingga kapasitas tempat duduk dikedai - kedai tidak cukup, dan akhirnya mereka membungkus makanan untuk disantap dirumah.

Meski cuaca mendung dan gerimis kecil, kemeriahan pasar ini tetap semarak. Dan beberapa orang pendatang yang memiliki dirham juga turut bergabung dengan para dhuafa tanpa sungkan. Udara yang sejuk menambah lahap para penikmat kuliner. Namun sayang, moment yang bagus ini tidak sempat saya ambil gambarnya, karena saya sibuk melayani Wartawan Global TV, yang sedang membuat liputan, dan ditanyangkan malam itu juga diberita malam.

Aneka makanan tersedia disini, mulai dari bakso ( 2 pedagang ), mie ayam, nasi goreng, warung padang, warung tegal, nasi uduk, pempek, nasi bebek, martabak ( 2 pedagang ), roti bakar, pecel lele dan pecel ayam, bubur ayam, dan pisang gencet. Selain 16 Kedai makanan, buka juga 4 toko lain, seperti : Toko obat, Kios pulsa, Toko sembako dan bengkel tambal ban. Dan transaksi pada pasar itu sekitar 180 dirham, karena para nelayan anak buah Kapten Yonkers yang telah digaji dengan dirham ikut ambil bagian keesok harinya ( malam Senin). Pasar malam yang rencananya diadakan hanya semalam, menjadi 2 (dua) malam atas permintaan warga pemilik dirham lainnya. Kegembiraan ini tidak mengurangi fungsi pengawasan pasar serta mencegah koin dirham dan dinar yang tidak sesuai persyaratan Syariah masuk dan beredar.


Berikut ini harga makanan Kuliner Pasar Islam Malam d jalan Sungai Landak Cilincing Jakarta Utara:

1. Nasi goreng 1 dirham dapat 3 porsi ( kembali Rp 1000 )
2. Nasi bebek 1 dirham dapat 3 porsi ( nambah Rp 1000 )
3. Nasi pecel ayam 1 dirham dapat 3 porsi ( kembali Rp 500 )
4. Nasi rendang 1 dirham dapat 3 porsi ( nambah Rp 1000 )
5. Mie ayam 1 dirham dapat 6 mangkok ( nambah Rp 1000 )
6. Bubur ayam 1 dirham dapat 6 mangkok ( nambah Rp 1000 )
7. Martabak 1 dirham dapat 2 loyang ( nambah Rp 1000 )
8. Nasi uduk 1 dirham dapat 3 - 6 porsi ( tergantung pauk )
9. pempek spesial 1 dirham dapat 4 porsi ( kembali Rp 1000 )
10. Bakso spesial 1 dirham dapat 4 porsi ( kembali Rp 1000 )
11. Pisang gencet 1 dirham dapat 3 porsi ( porsi besar )
12. Roti bakar 1 dirham dapat 4 - 6 porsi ( tergantung mutu )

sumber