Kami juga melayani penjualan dan pembelian Logam Mulia dengan berat minimal 25 gr

23 Desember 2010

Dinar Iraq, Apaan tuh...?


Baru semalam ditelpon seseorang yang mengaku trader forex. Bertanya banyak hal mengenai dinar dirham. Konsep dan pikirannya murni investasi. Yang dikejar adalah selisih rate dari konversi bolak-balik dinar iraq - ke rupiah dan ke dolar.

Sebenarnya dinar iraq ini sudah basi dan mungkin malah tenggelam minat masyarakat dengan dinar iraq ini. Mastyarakat umumnya, yang masih terjebak dengan pola pikir investasi kapitalis menganggap uang adalah alat investasi. Mereka mencari pengalihan harta mereka dalam mata uang asing demi menyelematkan nilai hartanya. Beberapa tahun lampau yang ramai adalah investasi dinar iraq.

Dan yang menawarkan juga banyak. Dari arisan ibu-ibu, toko hp, toko emas. Sistem penawaran juga gigih dan ulet, bahkan mengalahkan sistem marketing asuransi dan kredit motor. Sistem penawaran juga terkadang mirip sistem MLM yang jual kecap nomor 1. Dalam beberapa forum juga terkadang terjadi saling maki antara mereka yang menjual dinar iraq dan masyarakat yang anti beli dinar iraq. Yang saya bingung mereka menawarkan jual tapi menolak membeli kembali dinar iraq yang mereka jual. Seperti website ini.


Teserah orang mau invest dimana. Banyak alasan diutarakan tentang kelebihan dinar iraq ini. Dari cadangan minyak iraq yang millyaran barel. Penarikan pasukan amerika. Sampai efek positif dari terpilihnya si anak menteng jadi presiden amerika.

Jadi diilustrasikan, suatu saat, ketika iraq sudah mandiri dan stabil.
Nilai tukar dinar iraq akan menjadi sama dengan dollar amerika.
Kita asumsikan aja dulu seandainya nanti 1 dinar irak = 1 dollar US, berarti dengan modal 7.7 juta rupiah kita akan dapet 100 rb dinar iraq (untuk kurs saat ini), lalu kita sabar menunggu sampai 100 rb dinar iraq akan menjadi 100 rb us dolar, atau ketika rupiahkan, dari modal 7.7 juta rupiah akan menjadi 9 millyar rupiah. Mungkinkah itu terjadi

Saat itu terjadi yang ada juga pemerintah iraq akan melakukan re-denominasi terhadap mata uangnya, dimana nilai 1 juta dinar, nilai nolnya bisa2 dipangkas 6 buah. Belajar aja dari lira turki .
Beberapa tahun lalu, di turki untuk beli sebotol air mineral bisa berharga 5 juta lira. Gaji pegawai rendahan saja millyaran lira.
Seharusnya sekarang tentunya yang megang lira banyak yang jadi kaya karena nilai tukarnya yang terkhir 1 lira sudah 0.6 dollar. Tentunya dahulu yang memegang 1 juta lira sekarang pasti sudah 600 rb dollar.

Kalo mau lebih untung lagi. Simpan saja uang zimbabwe. Selembar dollar amrik bisa dapat 2.7 milyar dollar zimbabwe. Tinggal menunggu nilai jadi sama. Saya yakin anda akan menjadi orang kaya.
Jadi kalo mo invest, cari realistik aja deh.
Investasi berbentuk real, permodalan kerja atau perdagangan.