Kami juga melayani penjualan dan pembelian Logam Mulia dengan berat minimal 25 gr

30 Desember 2010

Penjualan Koin Perak di AS Melonjak

Pengumuman dari Mint AS menunjukkan permintaan koin perak di AS melonjak drastis.

Akhir-akhir ini permintaan koin perak di negeri Paman Sam meningkat tajam, demikian angka yang dirilis oleh Mint AS. Penjualan perak di bulan November lalu menunjukkan angka penjualan sebesar 4,260 juta troy ons; pada bulan Desember ini penjualan koin perak sudah mencapai 1.747.000 troy ons. Total penjualan koin perak untuk akhir tahun 2010 secara kumulatif, terhitung mencapai 34.637.000 troy ons.


Sebagai perbandingan, penjualan koin emas untuk periode waktu yang sama angkanya tertinggal di belakang, total tahunan penjualan koin emas tercatat hanya mencapai 1.212.000 troy ons. Betapa jauhnya, 34.6 juta: 1.2 juta, atau sekitar 1:29!

Barclays Capital, perusahaan konsultan, menjelaskan penjualan koin perak US Mint ini sebagai "sangat kuat" untuk bulan Desember, sedangkan penjualan koin emas hanya dipandang sebagai "kuat". Dalam pandangan mereka, Barclays menyatakan bahwa "permintaan investasi untuk emas dan perak akan tetap sehat pada tahun 2011."

Pada tahun 2010, Mint AS mulai mengeluarkan koin perak terbaru mereka berjudul "Amerika yang Indah", berbentuk koin perak seberat 5 troy ons. Program ini akan menampilkan desain koin perak yang menggambarkan berbagai taman nasional dan situs nasional Amerika Serikat. Mint AS akan melepas ke publik lima desain baru situs nasional, sebagai seri yang akan berjalan 2010-2021, dengan penanggalan saat dirilis tiap tahunnya. Demikian sebagaimana diberitakan oleh Kitco.news, menjelang pekan terakhir Desember 2010. Fenomena yang sama juga terjadi di Indonesia, permintaan koin perak, Dirham dan Dirhamain, juga meningkat tajam pada November-Desember 2010 ini. Stok koin perak di wakala-wakala pun acap kosong karenanya.